Penatausahaan Aset Kabupaten Brebes

Penatausahaan atau manajemen keuangan daerah merupakan kegiatan dalam manajemen keuangan aset daerah berupa pembukuan, inventarisasi dan pelaporan aset atau barang milik daerah sesuai dengan peraturan perundang-undangan baik di peraturan daerah, peraturan provinsi maupun peraturan pemerintah pusat.

Peruntukan penggunaan aset daerah secara umum adalah memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat dan pelayanan publik yang optimal khususnya bagi masyarakat di daerah Kabupaten Brebes.

Pemerintah Kabupaten Brebes telah melaksanakan sensus barang pada tahun 2017. Sensus perlu dilaksanakan secara periodik lima tahunan untuk mereviu catatan barang dibandingkan dengan fisiknya. Sesuai perencanaan, sensus akan kembali dilaksanakan pada tahun 2022.

Sensus barang milik daerah banyak merubah struktur catatan aset karena adanya perubahan, perpindahan, kerusakan serta kehilangan barang. Untuk mengakomodir perubahan pada catatan aset, Bidang Aset telah menggunakan aplikasi Sistem Informasi Manajemen buatan BPKP dan sudah berjalan mulai tahun 2018. Yang berbeda dari SIMDA BMD adalah SIM BMD Kabupaten Brebes telah bersifat daring, sehingga entry data dapat dilakukan oleh perangkat daerah dari seluruh wilayah Kabupaten Brebes.

Dari sisi payung hukum pengelolaan barang milik daerah berpedoman pada Permendagri 19 tahun 2016. Produk hukum daerah turunan Permendagri telah ada berupa Peraturan Bupati Nomor 007 Tahun 2016, Sedangkan Peraturan Daerah yang berkaitan dengan pengelolaan barang milik daerah masih digodok di lembaga legislatif dan telah memasuki paripurna. Diharapkan pada awal tahun 2019 Kabupaten Brebes telah memiliki sebuah Peraturan Daerah yang mengatur tentang pengelolaan barang milik daerah.

One Comment

  • esmeth

    4 years ago

    This is really a good post, I was one of the students of Educa University. Now I am studing a lot to prepare for the next exam this year. I am feeling confident in the sucess of this journey.

Leave a Comment

Your email address will not be published.