Inovasi pengembangan Area Pengurus Barang

Bidang Aset daerah terus berinovasi dalam memberikan layanan informasi barang milik daerah, khususnya dalam penyusunan laporan mutasi barang. Penyusunan Laporan barang dapat dimonitor melalui aplikasi monitoring laporan BMD. Aplikasi ini memberikan informasi progres penginputan data BMD yang dilakukan oleh OPD-OPD yang ada di lingkungan pemerintah kabupaten Brebes. Komparasi jumlah SP2D maupun SP2B dengan jumlah nilai atau harga barang yang telah diinput dalam aplikasi Simda BMD ini menjadi indikator Progress penginputan data BMD, apakah sudah selesai atau belum.Sebagai contoh, Jika jumlah nilai SP2D dan / SP2B sama dengan jumlah nilai BMD yang diinput sama, ini berarti progres input data BMD sudah lengkap, namun sebaliknya jika tidak sama maka progress input data BMD masih Belum lengkap.

Pengurus barang dapat memanfaatkan fasiltas area pengurus barang yang telah disediakan oleh Bidang Aset daerah untuk kegiatan pelaporan mutasi barang milik daerah. Fasilitas ini berisi pengunduhan kertas kerja BMD, Rekap Berita Acara Rekonsiliasi BMD, Daftar Rinci SP2D maupun SP2B belanja modal. Dokumen-dokumen ini dapat diunduh oleh Pengurus barang. Pengurus barang juga dapat memantau hasil pekerjaannya, yaitu menginput data BMD. Pada halaman Area Pengurus Barang tersedia grafik atau diagram yang menunjukkan status progress penginputan data BMD OPD-nya. Adanya fasilitas ini diharapkan Pengurus barang dapat menginput data BMD secara efektif dan efisien sehingga Bidang aset daerah dapat menyusun laporan BMD sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Fasilitas area pengurus barang merupakan salah satu inovasi yang dibangun dan terus dikembangkan dalam rangka meningkatkan kualitas layanan informasi barang milik daerah. Penelitian dan pembangunan aplikasi sebagai inovasi akan terus dilakukan oleh Bidang Aset Daerah untuk pelayanan yang lebih baik di masa yang akan datang.

Leave a Comment

Your email address will not be published.