BPPKAD KABUPATEN BREBES LAKUKAN INOVASI MENGGUNAKAN APLIKASI SIMONA BANGGA, SEBAGAI MONITORING BANK GARANSI JAMINAN PEMELIHARAAN

Menindaklanjuti Peraturan Bupati Brebes Nomor 013 Tahun 2019 tentang Tata Cara Pengelolaan Kas Non Anggaran serta telah disetujui sosialisasinya pada tanggal 27 Maret 2019, Kepala Bidang Perbendaharaan dan Kas Daerah (BPPKAD) Kabupaten Brebes berinovasi menyediakan akses aplikasi SIMONA BANGGA Online.

Tujuan lainnya efisiensi waktu dan efektifitas kinerja untuk melakukan proses pembaruan status tanggal jatuh tempo penyerahan Berita Acara Serah Terima Kedua (BAST II) yang dikirim oleh OPD. Dengan inovasi ini,  dapat digunakan untuk mencari SKPD, Nama Rekanan, Nominal Kontrak, Nomor SPK, Nomor Bank Garansi, Nomor SPM, Nomor SP2D, No BAST I, Tanggal BAST I, dan Tanggal BAST II yang akan digunakan untuk mencari tanggal jatuh tempo Serah Terima Pekerjaan Kedua melalui sistem notifikasi otomatis SIMONA BANGGA.

Penyerahan Berita Acara Serah Terima Pekerjaan Kedua BAST II yang selama ini digunakan untuk mencairkan dana sebesar 5% dari dana proyek itu sendiri pada saat Kontraktor / Pelaksana telah menyelesaikan 100% dari proyeknya.

Verifikator sebelumnya mengguna kan Buku Daftar manual, namun hal ini dianggap kurang efisien, karena verifikator dalam hal ini harus dua kali kerja untuk memonitoring kapan saja Berita Acara Serah Terima Kedua (BAST II) harus diberikan kepada Kuasa Bendahara Umum Daerah.

Dijelaskannya, SIMONA BANGGA merupakan singkatan dari Sistem Informasi Monitoring Penatausahaan Bank Garansi,  sistem yang mengubah pola dari pencarian dokumen manual menjadi otomatis, dengan demikian meningkatkan efesiensi kerja dan efektifitas penggunaan anggaran kebutuhan ATK.

SIMONA BANGGA ini juga mendukung gerakan Go Green. Keuntungan dari penggunaan format PDF dalam format Surat Permintaan Jatuh Tempo yang dapat dikirim melalui email resmi OPD.

Kabid Perbendaharaan dan Kas Daerah BPPKAD Kabupaten Brebes, Nurokhman, SE mengatakan, pihaknya sudah bisa merasakan manfaat dari inovasi Sistem Informasi Bank Pemantauan (SIMONA BANGGA) ini. Selama ini sebelum menyelesaikan SIMONA BANGGA, harus mengecek satu persatu status jatuh tempo BAST II. Dengan adanya SIMONA BANGGA, memudahkan peneliti dalam memonitoring jatuh tempo pemeliharaan dan penyerahan dokumen persyaratan pencairan retensi.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.