Bagi Hasil Pajak Daerah dan Retribusi Daerah kepada Desa Tahun Anggaran 2019

Untuk melaksanakan ketentuan dalam pasal 12 ayat 1 Peraturan Bupati Brebes Nomor 017 Tahun 2017 tentang Transfer Bagi Hasil Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, telah ditetapkan Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2018 tentang APBD Tahun 2019 dan Peraturan Bupati Nomor 087 Tahun 2018 tentang penjabaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Brebes Tahun Anggaran 2019

Salah satu bagian penting dari belanja daerah tersebut adalah Bagi Hasil Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Kepada Desa Di Kabupaten Brebes Tahun Anggaran 2019, yang jumlahnya mencapai Rp11,63 Milyar. Komponen Bagi Hasil PDRD tersebut terdiri dari Bagi Hasil Pajak Daerah sebesar Rp, 10,03 Milyar dan Bagi Hasil Retribusi Daerah sebesar Rp, 1,61 Milyar.

Penggunaan Bagi Hasil PDRD untuk desa harus dicantumkan pada APBDes yang penggunaannya paling sedikit 70% untuk mendanai penyelenggaraan Pemerintah desa, pelaksanaan pembangunan Desa, pembinaan kemasyarakatan desa, dan pemberdayaan masyarakat desa serta maksimal 30% digunakan untuk mendanai biaya operasional pemerintah desa, tunjangan aparatur pemerinah desa, biaya operasional sekretariat Badan Permusyawaratan Desa dan insentif rukun tetangga/rukun warga.

Penyaluran Bagi Hasil PDRD Kepada Desa dilaksanakan dalam 3 Tahap yaitu Tahap I pada bulan April, Tahap II pada bulan Agustus, Tahap III pada bulan November atau setelah Perubahan APBD ditetapkan.  Untuk tahun ini  Tahap I dan Tahap II akan ada pemotongan dalam penyalurannya karena adanya Lebih Bayar Bagi Hasil PDRD Kepada Desa Tahun Anggaran 2017. Besaran Lebih Bayar Bagi Hasil PDRD Kepada Desa tahun Anggaran 2017 terdiri dari Lebih Bayar Pajak Daerah Tahun 2017 sebesar Rp. 20,6 Juta dan Lebih Bayar Retribusi Daerah sebesar Rp. 273, 4 Juta Rincian dapat dilihat di Lampiran SK Bupati.

Rincian alokasi BH PDRD Ke Desa di Kabupaten Brebes TA 2019 dapat diunduh melalui tautan berikut:

Disini (file download) (SK Bupati Alokasi Lebih Bayar Bagi Hasil Kepada Desa Tahun 2017)

Demikian sekilas Info tentang Bagi Hasil Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.