Permudah Kelola Kearsipan, BPPKAD Kembangkan Sikekar

Guna mengamankan dan mempermudah pengamanan dokumen atau berkas dan arsip, Badan Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) akan kembangkan Sistem Kelola Kearsipan (Sikekar). Hal itu bertujuan untuk mempermudah dalam pengelolaan arsip di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes.

Kepala BPPKAD Kabuapten Brebes Angkatno, melalui Sekertaris BPPKAD Subandi didampingi Kasubag Umum dan Kepegawaian BPPKAD Isma Nurfea Hardini mengatakan saat ini perkembangan digital terus berkembang dengan cepat. Karenanya, harus ada sistem yang mampu membantu kinerja di bidang kearsipan dalam menjaga dokumen dari daerah maupun negara.

“Pengelolaan arsip yang baik sangat diperlukan untuk menunjang kelancaran kegiatan administrasi. Salah satunya lewat Sikekar ini,” ungkapnya, Kamis (22/10)

Dijelaskannya, kearsipan merupakan bagian pekerjaan kantor yang sangat penting. Karenanya, perlu adanya penataan dan pengelolaan, sehingga mempermudah dalam pencarian arsip jika nantinya diperlukan.

“Untuk mempermudah itu (pengelolaan arsip), kami akan terus mengembangakan sistem yang didalamnya nanti bisa mendata arsip yang ada di lingkungan Pemkab Brebes,” jelasnya.

Ditambahkannya, dengan arsip digital, di samping mempermudah dalam pencairan juga efisien anggaran. Hal inu dikarenakan tidak dibutuhkan tempat yang luas dan rak atau lemari yg banyak.

 “Selain itu, dengan arsip digital bisa memberikan kerapihan dan tatanan arsip yang bersih. Dan hari ini, Sikekar juga mulai disosialisasikan,” tuturnya.

Sejauh ini, kata dia, masih ada satuan kerja (Satker) yang mengalami kendala dalam pengelolaan kearsipan secara tertib dan baik. Karenanya, dengan Sikekar diharapkan nantinya sistem kelola kearsipan berbasis komputer akan memberi kepastian bahwa dokumen yang tersimpan tidak tumpang tindih dengan dikumen yang sudah ada sebelumnya.

“Tidka hanya itu, harapannya ke depan dengan adanya sistem kelola kearsipan berbasis komputer bisa mempermudah dalam pembinaan dan pengawasan bagi pengelola kearsipan di Kabupaten Brebes,” pungkasnya.

sumber : radartegal.com

Leave a Comment

Your email address will not be published.