Rekonsiliasi Laporan BMD Semester I Tahun 2020

Rabu (05 Agustus 2020) –  BPPKAD Kabupaten Brebes Bidang Aset menggelar Rekonsiliasi Barang Milik Daerah dan Laporan Barang Pengguna Tahunan. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Aula  BPPKAD Kabupaten Brebes Bidang Asset.

Kepala Bidang Aset, Drs. Diding Suandi dalam penyampaiannya, tujuan kegiatan untuk mencocokan kesamaan data BMD antara Perangkat Daerah dan badan milik daerah. Diharapkan peserta kegiatan dapat menyusun laporan barang pengguna tahunan dan sebagai saran untuk pelaksanaan rekonsiliasi Barang Milik Daerah (BMD).

“Bidang Barang Milik Daerah di BPPKAD Kabupaten Brebes merupakan pembantu pengelola BMD. Tugas pokok dan fungsi yakni menyusun laporan BMD di setiap berakhirnya tahun anggaran. Itu disajikan dalam laporan keuangan pemerintah daerah. Untuk menjabarkan tugas tersebut, didahului dengan melaksanakan kegiatan rekonsiliasi bersama seluruh Perangkat Daerah dengan menggunakan aplikasi Simda BMD, “jelasnya.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk mencocokan data aset tetap dalam Simda BMD pada tiap-tiap Perangkat Daerah dengan data base Simda BMD pada bidang BMD,” jelasnya.

“Saya berharap, melalui kegiatan ini kita dapat mengetahui data terbaru aset tetap dan persediaan Pemerintah Kabupaten Brebes, guna dijadikan laporan BMD untuk disajikan dalan laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Brebes tahun 2020 yang berisi tentang laporan BMD dan persediaan yang sesuai dengan ketentuan perundang-undangan,” jelasnya.

Kepala Bidang Aset, Drs. Diding Suandi juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas kerja keras Pengguna Barang/Kepala OPD dan Pengurus Barang OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Brebes dalam menatausahakan dan mengelola asetnya, sehingga Pemerintah Kabupaten Brebes mampu meraih opini WTP untuk LKPD 2019.

Tujuan diadakannya rekonsiliasi Laporan Aset Semester I tahun 2020 adalah :

  1. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mencocokan data aset tetap dalam SIMDA BMD pada tiap-tiap Perangkat Daerah dengan database SIMDA BMD pada bidang Aset.
  2. Untuk mengetahui sejauh mana para OPD telah menyelesaikan up dating data belanja modal Selama semester I Tahun 2020, serta dalam menghadapi rekonsiliasi aset semester II di Desember 2020 nanti.
  3. Kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut terkait proses pencatatan barang milik daerah khususnya yang belanja modal termasuk juga nanti barang persediaan. Untuk itu hari ini seluruh Pengurus barang OPD dengan jadwal yang ditentukan (dg tetap memperhatikan protokol kesehatan) untuk penginputan belanja modal di masing-masing OPD pada semester I ini , bahwa pelaksanaan rekon BMD dilaksanakan dari tanggal 27- 28 Juli sampai dengan Agustus 2020,  serta penginputan rencana kebutuhan barang milik daerah ,bagi barang persediaan didalam aplikasi SIPDA (10 – 27 Agustus 2020).
  4. Mengajak seluruh peserta rekon, agar bekerja sebaik-baiknya sehingga penyusunan Laporan BMD sebagai bahan LKPD Kabupaten Brebes tahun 2020 ini selesai tepat waktu dan mampu mempertahankan opini WTP.

Leave a Comment

Your email address will not be published.